WORKSHOP HILIRISASI PRODUK KOMODITI PALA DAN TURUNANNYA – DINAS PERKEBUNAN FAKFAK

MENGGAGAS PETA JALAN PENGEMBANGAN PALA

pada tanggal 5 – 6 Maret 2020 bertempat di Hotel Grand Papua Fakfak, Wakil Bupati Fakfak Bapak Ir. Abraham Sopaheluwakan, M.Si membuka Acara Workshop dengan tema “Hilirisasi produk Komoditi Pala dan Turunannya dengan Integrasi Program berkelanjutan Bekerjasama Pemerintah kabupaten Fakfak dengan Green Economic Geowth ( GEG )

Wakil Bupati yaitu Bpk Ir. Abraham Sopaheluwakan, M.Si mengharapkan dengan adanya kerjasama ini diharapkan adanya perubahan sosial, ekonomi, dan politik dapat dilakukan dengan cepat. Disamping itu dengan adanya industri hilir dapat mengolah barang setengah jadi menjadi barang jadi sehingga dapat langsung dikonsumsi dan digunakan oleh konsumen, disamping dapat meningkatkan devisa bagi Daerah, membuka lapangan kerja dan usaha, mwngurangi jumlah pengangguran dan ikut mendorong pertumbuhan ekonomi di kabupaten Fakfak.

Acara ini diikuti pula dari berbagai lintas terkait multistakeholder : Bappeda, Dinas pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas pendidikan, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas perdagangan dan perindustrian, Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Dinas PLH dan Pertanahan Dinas penanaman Modal dan PTSP termasuk para pedagang pala dan LSM terkait dan terpadu. Adapun Nara Sumber pada tersebut yaitu Prof. Dr. Yeremias T. Keban, SU, MURP dari UGM, Bpk. Dr. Ir. Agus Sumule, Msi dari UNIPA Manokwari dan Ibu Nuning S. Barwa dari Martha Tilaar Group

yang ingin dicapai dari Workshop ini adalah Perkembangan industri yang menghasilkan bahan baku (industri hulu) menjadi industri yang mengolah bahan menjadi barang jadi (industri hilir). melalui perbaikan tata kelola, perijinan, pengembangan SDM, perbaikan sisitem dan prosedur pada perangkat daerah dan adanya komitmen yang kuat dari Pemerintah daerah Fakfak. (sy)

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *